Minggu, 14 Juni 2020

Silabus Pembelajaran PPKn Kelas VII

Berikut adalah silabus pembelajaran PPKn Kelas VII
download disini


Silabus


Mata Pelajaran           : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Satuan Pendidikan     : SMP / MTs
Kelas / Semester          ; VII /Ganjil& Genap
Tahun Pelajaran         : 2019/2020

Kompetensi Inti:
·    KI1 dan KI2:Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
·        KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·     KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

Kompetensi Dasar
Materi Pemebelajaran
Indikator
Nilai Karakter
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Penilaian
1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas semangat dan komitmen para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan Dasar Negara Pancasila.
Proses Perumusan dan Penetapan Pancasila sebagai dasar negara:
·   Sejarah perumusan Pancasila
·   Pembentukan BPUPKI dan Usulan Dasar Negara oleh tokoh perumus Pancasila
·   Penetapan Pancasila sebagai dasar negara
·   Komitmen kebangsaan para pendiri negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila
·   Nilai semangat dan komitmen para pendiri negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara
1.1.1 Bersyukur atas perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
1.1.2 Bersyukur memiliki para pendiri Negara yang memiliki komitmen terhadap bangsa dan negara.
  Religius
  Mandiri
  Gotong royong
  Kejujuran
  Kerja keras
  Percaya diri
  Kerja sama
·       Mengamati Video/film/gambar tentang sidang BPUPKI  dengan   penuh rasa syukur pada Tuhan YME dan mencatat hal-hal yang penting dari isi video tersebut termasuk  tokoh pengusul dasar negara dan Panitia Sembilan BPUPKI
·       Mengidentifikasi pertanyaan berkaitan dengan perumusan dan penetapan Pancasila serta Sidang BPUPKI dengan penuh rasa tanggungjawab
·        Mencari informasi dari berbagai sumber (buku, Koran, internet dsb) tentang proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar Negara dan Sidang BPUPKI dengan rasa ingin tahu dan penuh percaya diri
·       Mendiskusikan dalam kelompok tentang hubungan atas berbagai informasi berkaitan dengan perumusan dan penetapan Pancasila yang diperolehnya dengan kerjasama dan penuh tanggungjawab.
·        Menyimpulkan hasil diskusi dan mempresentasikannya baik secara tertulis maupun lisan di depan kelas dengan rasa percaya diri.
·        Mensimulasikankegiatan kepentingan bersama atau kepentingan masyarakat 
15 JP
  Saputra, Lukman Surya, dkk.. (2016). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMP/MTs Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  Internet

  Lisan
  Tertulis
  Penugasan
  Unjukkerja
  Portofolio
2.1 Mengembangkan sikap bertanggung jawab dan berkomitmen sebagai warga negara indonesia sepeti yang diteladankan para pendiri negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara.
2.1.1 Berperilaku peduli sebagai wujud pelaksanaan semangat dan komitmen para pendiri negara.
2.1.2 Berani berperan/mensimulasikan sebagai pendiri negara.
3.1 Menganalisis proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.
3.1.1 Mendeskripsikan perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara dalam Sidang BPUPKI.
3.1.2 Membandingkan pendapat para pendiri negara tentang isi Pancasila.
3.1.3 Mendeskripiskan perumusan Dasar Negara dalam Sidang Panitia Sembilan.
3.1.4 Mendeskripsikan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.
3.1.5 Menunjukkan semangat komitmen para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai Dasar Negara.
4.1 Menyaji hasil analisis proses per umusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.
4.1.1 Menyusun laporan hasil telaah perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
4.1.2 Menyajikan hasil telaah penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.
4.1.3 Mensimulasikan laporan hasil telaah semangat Komitmen para pendiri Negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai Dasar Negara.
4.1.4 Menyajikan praktik kewarganegaraan untuk mempertahankan Pancasila sebagai dasar Negara.
1.2 Menghargai norma-norma keadilan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa.
Norma-norma dalam kehidupan bermasyarakat
·   Norma yang berlaku dalam masyarakat
·   Arti penting norma dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
·   Perilaku sesuai norma yang berlaku

1.2.1 Bersyukur atas keberadaan norma dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.
1.2.1 Menyadari pentingnya penegakan hukum untuk kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
  Religius
  Mandiri
  Gotong royong
  Kejujuran
  Kerja keras
  Percaya diri
  Kerja sama
·         Mengamati  aktivitas masyarakat (berdasarkan norma agama, kesopanan,kesusilaan,hukum) di lingkungan sekolah bedasarkan Kelompok Asal (Model JigSaw) terkait dengan kehidupan  sehari-hari dengan mengedepankan sikap saling menghormati dan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas perbedaan yang ada
·         Mengidentifikasikan berbagai pertanyaan dari hasil pengamatannya tentang norma-norma yang berlaku dalam aktivitas masyarakat tersebut.
·       Mendiskusikan dengan Kelompok Asal tentang barbagai norma yang berlaku di masyarakat dengan penug tanggung jawab
·       Mendiskusikan dengan Kelompok Ahli tentang berbagai norma yang ada di masyarakat dengan penuh percaya diri
·       Menyimpulkan hasil diskusi dan mempresentasikannya di depan kelas dengan percaya diri dan kebersamaan Kelompok Asal
·       Memperagakan atau mensimulasikan perilaku yang sesuai dengan norma masyarakat
15 JP
  Saputra, Lukman Surya, dkk.. (2016). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMP/MTs Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  Internet

  Lisan
  Tertulis
  Penugasan
  Unjukkerja
  Portofolio
2.2 Mematuhi norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan.
2.2.1 Mendukung proses penegakan hukum.
2.2.2 Terlibat aktif dalam menegakkan tata tertib di sekolah.
3.2 Memahami norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan.
3.2.1 Mendeskripsikan pengertian dan macam-macam norma.
3.2.2 Mendesripsikan macam-macam norma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
3.2.3 Menunjukkan perilaku sesuai norma.
3.2.4 Menunjukkan macam-macam keadilan.
3.2.5 Menganalisis pentingnya norma hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
4.2 Mengampanyekan perilaku sesuai norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan.
4.4.1 Menyajikan hasil telaah pengertian dan macam-macam norma.
4.4.2 Menyajikan hasil telaah arti penting norma dalam kehidupan bermasyarakat dan ber negara.
4.4.3 Mempraktikkan perilaku menaati norma dalam lingkungan sekolah.
1.3 Menghargai nilai kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap beriman.
Kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
·   Perumusan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
·   Pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
·  Arti penting UUD Negara Republik Indonesia bagi Bangsa dan Negara
Indonesia
·   Peran Tokoh perumus UUD Negara Republik Indonesia Tahun1945
1.3.1 Bersyukur atas anugerah Tuhan bangsa Indonesia memiliki UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
1.3.2 Bangga memiliki nilai luhur UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
  Religius
  Mandiri
  Gotong royong
  Kejujuran
  Kerja keras
  Percaya diri
  Kerja sama
·       Meminta peserta didik membaca Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan Naskah Proklamasi Kemerdekaan dengan cermat dan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya kedua naskah tersebut bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia
·       Mengidentifikasi pertanyaan tentang Sejarah Perumusan dan Pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai wujud sikap menghormati 
·       Menyusun pertanyaan yang terkait dengan Sejarah Perumudan dan Pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan penuh tanggung jawab
·        Mengumpulkan berbagai informasi terkait dengan pertanyaan dari buku penunjang dan internet
·        Menghubungkan informasi yang diperoleh untuk menyimpulkan tentang Sejarah Perumusan dan Pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
·        Menyusun laporan dan menyajikan hasil telaah tentang Sejarah Perumusan dan Pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 secara tertulis dengan bangga dan percaya diri
·        Mensimulasikan kepatuhan terhadap tata tertib atau perundang-undangan
12 JP
  Saputra, Lukman Surya, dkk.. (2016). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMP/MTs Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  Internet

  Lisan
  Tertulis
  Penugasan
  Unjukkerja
  Portofolio
2.3 Mengembangkan sikap bertanggung jawab yang mendukung nilai kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945.
2.3.1 Menghargai peran pendiri Negara dalam perumusan dan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
3.3 Menganalisis kesejarahan per umusan dan pengesahan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
3.3.1 Mendeskripsikan perumusan UUD Negara Republik Indonesia dalam Sidang Kedua BPUPKI.
3.3.2 Mendeskripsikan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
3.3.3 Mendeskrisikan arti penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bagi Bangsa dan Negara Indonesia.
3.3.4 Mengidentifikasi nilai kesejarahan per umusan dan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
4.3 Menjelaskan proses kesejarahan per umusan dan pengesahan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
4.3.1 Memiliki tanggungjawab untuk memahami UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 secara utuh.
4.3.2 Meyajikan laporan hasil telaah arti penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bagi bangsa dan Negara Indonesia.
4.3.3 Mencoba praktik kewarganegaraan sebagai perwujudan semangat para pendiri Negara dalam merumuskan dan mengesahkan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
1.4 Menghormati keberagaman norma-norma, suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika sebagai sesama ciptaan Tuhan.
Keberagaman Masyarakat Indonesia dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
·   Makna Bhinneka Tunggal Ika
·   Keberagaman dalam masyarakat Indonesia
·   Arti penting memahami keberagaman dalam masyarakat Indonesia
·   Perilaku toleran terhadap keberagaman norma, suku, agama, ras, dan antargolongan
1.4.1 Bersyukur atas keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia.
1.4.2 Menghargai keberagaman norma, suku, agama, ras, dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
  Religius
  Mandiri
  Gotong royong
  Kejujuran
  Kerja keras
  Percaya diri
  Kerja sama
·        Mengamati gambar keanekaragaman   norma, suku, agama, ras,  yang berlaku dalam masyarakat di sekitar tempat tinggal secara adil sebagai sesama ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
·        Mengidentifikasi pertanyaan berkaitan dengan keberagaman suku, agama, ras, antar golongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika sebagai wujud sikap toleransi
·       Mengumpulkan informasi tentang keberagaman suku, agama, ras, antar golongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika dengan penuh percaya diri
·        Menghubung-hubungkan dengan saling menghormati jawaban dari teman kelompok berbagai informasi tentang  Arti Penting dan  Perilaku Toleran terhadap keberagaman masyarakat Indonesia
·       Menyusun dan menyajikan laporan hasil pengamatan di depan kelas dengan penuh tanggung jawab
·       Menerapkan saling menghormati dan bekerja sama terkait keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan
21 JP
  Saputra, Lukman Surya, dkk.. (2016). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMP/MTs Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  Internet

  Lisan
  Tertulis
  Penugasan
  Unjukkerja
  Portofolio
2.4 Menghargai keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
2.4.1 Memiliki keinginan kuat untuk mempelajari keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
2.4.2 Memiliki sikap tidak membedakan teman yang berbeda suku, agama, dan ras.
3.4 Mengidentifikasi keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
3.4.1 Mendeskripsikan keberagaman masyarakat Indonesia.
3.4.2 Menganalisis factor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia.
3.4.3 Mendeskripsikan keberagaman suku dalam masyarakat Indonesia.
3.4.4 Mendeskripsikan keberagaman ras dalam masyarakat Indonesia.
3.4.5 Menganalisis keberadaan antargolongan dalam masyarakat Indonesia.
3.4.6 Mendeskripsikan makna Bhinneka Tunggal Ika.
3.4.7 Menunjukkan arti penting keberagaman dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
4.4 Mendemonstrasikan hasil identifikasi suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
4.4.1 Menyusun laporan hasil telaah keberagaman suku, agama, ras, dan antar- golongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
4.4.2 Menyajikan laporan hasil telaah keberagaman suku, agama, ras, dan antar- golongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
1.5 Mensyukuri makna kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat.
Kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat
·         Makna kerjasama dalam hidup bermasyarakat
·         Pentingnya kerjasama
·         Bentuk-bentuk kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat
1.5.1 Bersyukur kepada Tuhan atas karunia persatuan dan kerjasama yang dilakukan bangsa Indonesia.
1.5.2 Ber pendapat secara jujur tentang arti pentingnya ker ja sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat.
  Religius
  Mandiri
  Gotong royong
  Kejujuran
  Kerja keras
  Percaya diri
  Kerja sama
·        Mengamati tayangan video/gambar tentang kerjasama di berbagai bidang kehidupan di masyarakat yang tercipta atas dasar sikap saling menghargai
·       Mengidentifikasi dan menyampaikan pertanyaan berkaitan dengan kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat dengan penuh tanggung jawab
·       Mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang ada dengan kerjasama kelompok
·       Menghubungkan berbagai informasi yang diperoleh dan menyimpulkan kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan di masyaraka
·        Menyajikan hasil telaah kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat dengan rasa percaya diri
·        Melakukan gotong royong di sekolah
27 JP
  Saputra, Lukman Surya, dkk.. (2016). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMP/MTs Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  Internet

  Lisan
  Tertulis
  Penugasan
  Unjukkerja
  Portofolio
2.5 Mendukung bentuk-bentuk kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat.
2.5.1 Menghargai pendapat tentang ar ti pentingnya kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat.
2.5.2 Bersemangat dalam mendorong kerjasama dilingkungan sekolah.
3.5 Menganalisis bentuk-bentuk kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat.
3.5.1 Mendeskripsikan bentuk-bentuk kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan.
3.5.2 Memahami pentingnya ker jasama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
3.5.3 Mendeskripsikan kerjasama dalam bidang sosial politik.
3.5.4 Mendeskripsikan kerjasama dalam bidang pertahanan dan keamanan Negara.
3.5.5 Menganalisis pentingnya kerjasama antar umat beragama.
4.5 Menunjukkan bentuk-bentuk kerja sama di pelbagai bidang kehidupan masyarakat
4.5.1 Berperilaku tanggung jawab dalam bekerjasama di berbagai bidang kehidupan masyarakat.
4.5.2 Meneladani perilaku kerjasama yang didapatkan dalam lingkungan ke- hidupan.
4.5.3 Mempresentasikan bentuk-bentuk kerjasama yang dapat dilakukan siswa.
1.6 Menghargai karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
Karakteristik daerah tempat tinggal dalam kerangka NKRI
·   Makna Persatuan dan Kesatuan
·   Arti penting Memahami karakteristik daerah tempat tinggalnya
·   Mempertahankan persatuan dan kesatuan Indoneia
1.6.1 Bersyukur terhadap daerahnya sebagai bagian dari NKRI.
1.6.2 Bangga terhadap daerah dalam kerangka NKRI.
  Religius
  Mandiri
  Gotong royong
  Kejujuran
  Kerja keras
  Percaya diri
  Kerja sama
·   Mengamati gambar tentang Peta Indonesia dan sebaran budayanya sebagai wujud rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa
·  Mengidentifikasi pertanyaan tentang karakteristik daerah tempat tinggal dalam kerangka NKRI dengan penuh rasa ingin tahu
·   Mencari informasi untuk menjawab pertanyaan yang sudah disusun dengan kerjasama kelompok
·   Menghubungkan informasi yang diperoleh dari beberapa teman kelompok dengan sikap saling menghargai untuk menyimpulkan karakteristik daerah tempat tinggal dalam kerangka NKRI
·  Menyusun laporan dan menyajikan hasil telaah tentang karakteristik daerah tempat tinggal dalam kerangka NKRI dengan percaya diri dan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
·  Mensimulasikan menghormati adat, kebiasaan masyarakat yang berbeda
30 JP
  Saputra, Lukman Surya, dkk.. (2016). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMP/MTs Kelas VII. Edisi Revisi 2016. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  Internet

  Lisan
  Tertulis
  Penugasan
  Unjukkerja
  Portofolio
2.6 Bersikap antusias terhadap persatuan dan kesatuan dengan mempertimbangkan karakteristik daerah tempat tinggalnya.
2.6.1 Menghargai karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.
3.6 Mengasosiasikan karakteristik daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.
3.6.1 Mendeskripsikan perjuangan menuju NKRI.
3.6.2 Menganalisis peran pejuang di daerah dalam membentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia.
3.6.3 Mendeskripsikan makna proklamasi kemerdekaan Indonesia.
3.6.4 Mendeskripsikan peran daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI.
3.6.5 Menganalisis masalah berkaitan dengan peran daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI.
4.6 Melaksanakan penelitian sederhana untuk mengilustrasikan karakteristik daerah tempat tinggalnya sebagai bagian utuh dari Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan rancangan yang telah dibuat.
4.6.1 Menunjukkan keterampilan mengamati tentang karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI.
4.6.2 Menyusun laporan hasil pengamatan tentang karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI.
4.6.3 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI.

semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Soal Latihan Online tentang COVID-19

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Sahabat edukasi....yang saya banggakan. setelah peserta didik membaca materi ajar tentang Pengetahuan Covid...

Artikel Populer