1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
atas semangat dan komitmen para pendiri negara dalam merumuskan dan
menetapkan Dasar Negara Pancasila.
|
Proses
Perumusan dan Penetapan Pancasila sebagai dasar negara:
· Sejarah
perumusan Pancasila
· Pembentukan
BPUPKI dan Usulan Dasar Negara oleh tokoh perumus Pancasila
· Penetapan
Pancasila sebagai dasar negara
· Komitmen
kebangsaan para pendiri negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila
· Nilai
semangat dan komitmen para pendiri negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila
sebagai dasar negara
|
1.1.1
Bersyukur atas perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
1.1.2
Bersyukur memiliki para pendiri Negara yang memiliki komitmen terhadap bangsa
dan negara.
|
•
Religius
•
Mandiri
•
Gotong royong
•
Kejujuran
•
Kerja keras
•
Percaya diri
•
Kerja sama
|
·
Mengamati Video/film/gambar
tentang sidang BPUPKI
dengan penuh rasa syukur pada
Tuhan YME dan mencatat hal-hal yang penting dari isi video
tersebut termasuk tokoh pengusul dasar
negara dan Panitia Sembilan BPUPKI
· Mengidentifikasi pertanyaan berkaitan dengan perumusan dan
penetapan Pancasila serta Sidang BPUPKI dengan penuh rasa tanggungjawab
·
Mencari informasi
dari berbagai sumber (buku, Koran, internet dsb) tentang proses perumusan dan
penetapan Pancasila sebagai dasar Negara dan Sidang BPUPKI dengan rasa ingin
tahu dan penuh percaya diri
· Mendiskusikan
dalam kelompok tentang hubungan atas berbagai informasi berkaitan dengan perumusan dan penetapan Pancasila yang diperolehnya dengan
kerjasama dan penuh tanggungjawab.
·
Menyimpulkan hasil diskusi dan
mempresentasikannya baik secara tertulis maupun lisan di depan kelas dengan
rasa percaya diri.
·
Mensimulasikankegiatan kepentingan
bersama atau kepentingan masyarakat
|
15 JP
|
•
Saputra, Lukman Surya, dkk..
(2016). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMP/MTs Kelas VII.
Edisi Revisi 2016. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
•
Internet
|
•
Lisan
•
Tertulis
•
Penugasan
•
Unjukkerja
•
Portofolio
|
2.1 Mengembangkan sikap bertanggung jawab
dan berkomitmen sebagai warga negara indonesia sepeti yang diteladankan para
pendiri negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara.
|
2.1.1
Berperilaku peduli sebagai wujud pelaksanaan semangat dan komitmen para
pendiri negara.
2.1.2
Berani berperan/mensimulasikan sebagai pendiri negara.
|
3.1 Menganalisis proses perumusan dan
penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.
|
3.1.1
Mendeskripsikan perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara dalam Sidang BPUPKI.
3.1.2
Membandingkan pendapat para pendiri negara tentang isi Pancasila.
3.1.3
Mendeskripiskan perumusan Dasar Negara dalam Sidang Panitia Sembilan.
3.1.4
Mendeskripsikan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.
3.1.5
Menunjukkan semangat komitmen para pendiri negara dalam merumuskan dan
menetapkan Pancasila sebagai Dasar Negara.
|
4.1 Menyaji hasil analisis proses per
umusan dan penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.
|
4.1.1
Menyusun laporan hasil telaah perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
4.1.2
Menyajikan hasil telaah penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara.
4.1.3
Mensimulasikan laporan hasil telaah semangat Komitmen para pendiri Negara
dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai Dasar Negara.
4.1.4
Menyajikan praktik kewarganegaraan untuk mempertahankan Pancasila sebagai
dasar Negara.
|
1.2
Menghargai norma-norma keadilan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat
sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa.
|
Norma-norma dalam kehidupan bermasyarakat
·
Norma yang
berlaku dalam masyarakat
· Arti penting norma dalam kehidupan bermasyarakat dan
bernegara
· Perilaku sesuai norma yang berlaku
|
1.2.1
Bersyukur atas keberadaan norma dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan
bernegara.
1.2.1
Menyadari pentingnya penegakan hukum untuk kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara.
|
•
Religius
•
Mandiri
•
Gotong royong
•
Kejujuran
•
Kerja keras
•
Percaya diri
•
Kerja sama
|
·
Mengamati aktivitas masyarakat (berdasarkan norma
agama, kesopanan,kesusilaan,hukum) di lingkungan sekolah bedasarkan Kelompok
Asal (Model JigSaw) terkait dengan kehidupan
sehari-hari dengan mengedepankan sikap saling menghormati dan rasa
syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas perbedaan yang ada
·
Mengidentifikasikan berbagai
pertanyaan dari hasil pengamatannya tentang norma-norma yang berlaku dalam
aktivitas masyarakat tersebut.
· Mendiskusikan dengan Kelompok Asal tentang barbagai norma yang berlaku di
masyarakat dengan penug tanggung jawab
· Mendiskusikan dengan Kelompok Ahli tentang berbagai norma yang ada di
masyarakat dengan penuh percaya diri
· Menyimpulkan hasil diskusi dan mempresentasikannya di depan kelas dengan
percaya diri dan kebersamaan Kelompok Asal
· Memperagakan atau mensimulasikan perilaku yang sesuai dengan norma
masyarakat
|
15 JP
|
•
Saputra, Lukman Surya, dkk..
(2016). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMP/MTs Kelas VII.
Edisi Revisi 2016. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
•
Internet
|
•
Lisan
•
Tertulis
•
Penugasan
•
Unjukkerja
•
Portofolio
|
2.2
Mematuhi norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk
mewujudkan keadilan.
|
2.2.1
Mendukung proses penegakan hukum.
2.2.2
Terlibat aktif dalam menegakkan tata tertib di sekolah.
|
3.2
Memahami norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk
mewujudkan keadilan.
|
3.2.1
Mendeskripsikan pengertian dan macam-macam norma.
3.2.2
Mendesripsikan macam-macam norma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa,
dan bernegara.
3.2.3
Menunjukkan perilaku sesuai norma.
3.2.4
Menunjukkan macam-macam keadilan.
3.2.5
Menganalisis pentingnya norma hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa,
dan bernegara.
|
4.2
Mengampanyekan perilaku sesuai norma-norma yang berlaku dalam kehidupan
bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan.
|
4.4.1
Menyajikan hasil telaah pengertian dan macam-macam norma.
4.4.2
Menyajikan hasil telaah arti penting norma dalam kehidupan bermasyarakat dan
ber negara.
4.4.3
Mempraktikkan perilaku menaati norma dalam lingkungan sekolah.
|
1.3
Menghargai nilai kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai bentuk sikap beriman.
|
Kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
·
Perumusan UUD Negara
Republik Indonesia Tahun 1945
·
Pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun
1945
·
Arti penting UUD Negara Republik
Indonesia bagi Bangsa dan Negara
Indonesia
·
Peran Tokoh perumus UUD Negara
Republik Indonesia Tahun1945
|
1.3.1
Bersyukur atas anugerah Tuhan bangsa Indonesia memiliki UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945.
1.3.2
Bangga memiliki nilai luhur UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
|
•
Religius
•
Mandiri
•
Gotong royong
•
Kejujuran
•
Kerja keras
•
Percaya diri
•
Kerja sama
|
· Meminta peserta didik membaca Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia
Tahun 1945 dan Naskah Proklamasi Kemerdekaan dengan cermat dan rasa syukur
terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya kedua naskah tersebut bagi
Negara Kesatuan Republik Indonesia
· Mengidentifikasi pertanyaan tentang Sejarah Perumusan dan Pengesahan UUD
Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai wujud sikap menghormati
· Menyusun pertanyaan yang terkait dengan Sejarah Perumudan dan Pengesahan
UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan penuh tanggung jawab
·
Mengumpulkan berbagai
informasi terkait dengan pertanyaan dari buku penunjang dan internet
·
Menghubungkan informasi yang
diperoleh untuk menyimpulkan tentang Sejarah Perumusan dan Pengesahan UUD
Negara Republik Indonesia Tahun 1945
·
Menyusun laporan dan
menyajikan hasil telaah tentang Sejarah Perumusan dan Pengesahan UUD Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 secara tertulis dengan bangga dan percaya diri
·
Mensimulasikan kepatuhan
terhadap tata tertib atau perundang-undangan
|
12 JP
|
•
Saputra, Lukman Surya, dkk..
(2016). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMP/MTs Kelas VII.
Edisi Revisi 2016. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
•
Internet
|
•
Lisan
•
Tertulis
•
Penugasan
•
Unjukkerja
•
Portofolio
|
2.3
Mengembangkan sikap bertanggung jawab yang mendukung nilai kesejarahan
perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945.
|
2.3.1
Menghargai peran pendiri Negara dalam perumusan dan pengesahan UUD Negara
Republik Indonesia Tahun 1945.
|
3.3
Menganalisis kesejarahan per umusan dan pengesahan Undang-undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945.
|
3.3.1
Mendeskripsikan perumusan UUD Negara Republik Indonesia dalam Sidang Kedua
BPUPKI.
3.3.2
Mendeskripsikan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
3.3.3
Mendeskrisikan arti penting UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bagi
Bangsa dan Negara Indonesia.
3.3.4
Mengidentifikasi nilai kesejarahan per umusan dan pengesahan UUD Negara
Republik Indonesia Tahun 1945.
|
4.3
Menjelaskan proses kesejarahan per umusan dan pengesahan Undang-undang Dasar
Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
|
4.3.1
Memiliki tanggungjawab untuk memahami UUD Negara Republik Indonesia Tahun
1945 secara utuh.
4.3.2
Meyajikan laporan hasil telaah arti penting UUD Negara Republik Indonesia
Tahun 1945 bagi bangsa dan Negara Indonesia.
4.3.3
Mencoba praktik kewarganegaraan sebagai perwujudan semangat para pendiri
Negara dalam merumuskan dan mengesahkan UUD Negara Republik Indonesia Tahun
1945.
|
1.4
Menghormati keberagaman norma-norma, suku, agama, ras dan antargolongan dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika sebagai sesama ciptaan Tuhan.
|
Keberagaman Masyarakat Indonesia dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
· Makna Bhinneka Tunggal Ika
· Keberagaman dalam masyarakat Indonesia
· Arti penting memahami keberagaman dalam masyarakat Indonesia
· Perilaku toleran terhadap keberagaman norma, suku, agama, ras, dan
antargolongan
|
1.4.1
Bersyukur atas keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia.
1.4.2
Menghargai keberagaman norma, suku, agama, ras, dan antargolongan dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
|
•
Religius
•
Mandiri
•
Gotong royong
•
Kejujuran
•
Kerja keras
•
Percaya diri
•
Kerja sama
|
·
Mengamati gambar
keanekaragaman norma, suku, agama,
ras, yang berlaku dalam masyarakat di
sekitar tempat tinggal secara adil sebagai sesama ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
·
Mengidentifikasi pertanyaan berkaitan dengan
keberagaman suku, agama, ras, antar golongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal
Ika sebagai wujud sikap toleransi
·
Mengumpulkan informasi tentang keberagaman suku,
agama, ras, antar golongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika dengan penuh
percaya diri
·
Menghubung-hubungkan dengan
saling menghormati jawaban dari teman kelompok berbagai informasi
tentang Arti Penting dan Perilaku Toleran terhadap keberagaman
masyarakat Indonesia
· Menyusun dan menyajikan laporan hasil pengamatan di depan kelas dengan
penuh tanggung jawab
· Menerapkan saling menghormati dan bekerja sama terkait keberagaman suku,
agama, ras dan antargolongan
|
21 JP
|
•
Saputra, Lukman Surya, dkk..
(2016). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMP/MTs Kelas VII.
Edisi Revisi 2016. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
•
Internet
|
•
Lisan
•
Tertulis
•
Penugasan
•
Unjukkerja
•
Portofolio
|
2.4
Menghargai keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai
Bhinneka Tunggal Ika.
|
2.4.1
Memiliki keinginan kuat untuk mempelajari keberagaman suku, agama, ras, dan
antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
2.4.2
Memiliki sikap tidak membedakan teman yang berbeda suku, agama, dan ras.
|
3.4
Mengidentifikasi keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai
Bhinneka Tunggal Ika.
|
3.4.1
Mendeskripsikan keberagaman masyarakat Indonesia.
3.4.2
Menganalisis factor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia.
3.4.3
Mendeskripsikan keberagaman suku dalam masyarakat Indonesia.
3.4.4
Mendeskripsikan keberagaman ras dalam masyarakat Indonesia.
3.4.5
Menganalisis keberadaan antargolongan dalam masyarakat Indonesia.
3.4.6
Mendeskripsikan makna Bhinneka Tunggal Ika.
3.4.7
Menunjukkan arti penting keberagaman dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
|
4.4
Mendemonstrasikan hasil identifikasi suku, agama, ras dan antargolongan dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
|
4.4.1
Menyusun laporan hasil telaah keberagaman suku, agama, ras, dan antar-
golongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
4.4.2
Menyajikan laporan hasil telaah keberagaman suku, agama, ras, dan antar-
golongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
|
1.5
Mensyukuri makna kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat.
|
Kerjasama dalam berbagai bidang
kehidupan di masyarakat
·
Makna kerjasama dalam
hidup bermasyarakat
·
Pentingnya kerjasama
·
Bentuk-bentuk
kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat
|
1.5.1
Bersyukur kepada Tuhan atas karunia persatuan dan kerjasama yang dilakukan
bangsa Indonesia.
1.5.2
Ber pendapat secara jujur tentang arti pentingnya ker ja sama dalam berbagai
bidang kehidupan di masyarakat.
|
•
Religius
•
Mandiri
•
Gotong royong
•
Kejujuran
•
Kerja keras
•
Percaya diri
•
Kerja sama
|
·
Mengamati tayangan
video/gambar tentang kerjasama di berbagai bidang kehidupan di masyarakat
yang tercipta atas dasar sikap saling menghargai
· Mengidentifikasi dan menyampaikan pertanyaan berkaitan dengan kerjasama
dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat dengan penuh tanggung jawab
· Mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan
yang ada dengan kerjasama kelompok
· Menghubungkan berbagai informasi yang diperoleh dan menyimpulkan
kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan di masyaraka
·
Menyajikan hasil telaah
kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat dengan rasa percaya
diri
·
Melakukan gotong royong di
sekolah
|
27 JP
|
•
Saputra, Lukman Surya, dkk..
(2016). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMP/MTs Kelas VII.
Edisi Revisi 2016. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
•
Internet
|
•
Lisan
•
Tertulis
•
Penugasan
•
Unjukkerja
•
Portofolio
|
2.5
Mendukung bentuk-bentuk kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di
masyarakat.
|
2.5.1
Menghargai pendapat tentang ar ti pentingnya kerja sama dalam berbagai bidang
kehidupan di masyarakat.
2.5.2
Bersemangat dalam mendorong kerjasama dilingkungan sekolah.
|
3.5
Menganalisis bentuk-bentuk kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di
masyarakat.
|
3.5.1
Mendeskripsikan bentuk-bentuk kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan.
3.5.2
Memahami pentingnya ker jasama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara.
3.5.3
Mendeskripsikan kerjasama dalam bidang sosial politik.
3.5.4
Mendeskripsikan kerjasama dalam bidang pertahanan dan keamanan Negara.
3.5.5
Menganalisis pentingnya kerjasama antar umat beragama.
|
4.5
Menunjukkan bentuk-bentuk kerja sama di pelbagai bidang kehidupan masyarakat
|
4.5.1
Berperilaku tanggung jawab dalam bekerjasama di berbagai bidang kehidupan
masyarakat.
4.5.2
Meneladani perilaku kerjasama yang didapatkan dalam lingkungan ke- hidupan.
4.5.3
Mempresentasikan bentuk-bentuk kerjasama yang dapat dilakukan siswa.
|
1.6
Menghargai karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka Negara
Kesatuan Republik Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
|
Karakteristik daerah tempat tinggal
dalam kerangka NKRI
·
Makna Persatuan dan Kesatuan
·
Arti penting Memahami karakteristik daerah tempat
tinggalnya
·
Mempertahankan persatuan dan kesatuan Indoneia
|
1.6.1
Bersyukur terhadap daerahnya sebagai bagian dari NKRI.
1.6.2
Bangga terhadap daerah dalam kerangka NKRI.
|
•
Religius
•
Mandiri
•
Gotong royong
•
Kejujuran
•
Kerja keras
•
Percaya diri
•
Kerja sama
|
· Mengamati gambar tentang Peta Indonesia dan sebaran budayanya sebagai
wujud rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa
· Mengidentifikasi pertanyaan tentang karakteristik daerah tempat tinggal dalam kerangka NKRI dengan penuh rasa
ingin tahu
·
Mencari informasi
untuk menjawab pertanyaan yang sudah disusun dengan kerjasama kelompok
· Menghubungkan informasi yang diperoleh dari beberapa teman kelompok
dengan sikap saling menghargai untuk menyimpulkan karakteristik daerah tempat
tinggal dalam kerangka NKRI
· Menyusun laporan dan menyajikan hasil telaah tentang karakteristik daerah
tempat tinggal dalam kerangka NKRI dengan percaya diri dan rasa syukur
terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
· Mensimulasikan menghormati adat, kebiasaan masyarakat yang berbeda
|
30 JP
|
•
Saputra, Lukman Surya, dkk..
(2016). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk SMP/MTs Kelas VII.
Edisi Revisi 2016. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
•
Internet
|
•
Lisan
•
Tertulis
•
Penugasan
•
Unjukkerja
•
Portofolio
|
2.6
Bersikap antusias terhadap persatuan dan kesatuan dengan mempertimbangkan
karakteristik daerah tempat tinggalnya.
|
2.6.1
Menghargai karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka Negara
Kesatuan Republik Indonesia.
|
3.6
Mengasosiasikan karakteristik daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik
Indonesia.
|
3.6.1
Mendeskripsikan perjuangan menuju NKRI.
3.6.2
Menganalisis peran pejuang di daerah dalam membentuk Negara Kesatuan Republik
Indonesia.
3.6.3
Mendeskripsikan makna proklamasi kemerdekaan Indonesia.
3.6.4
Mendeskripsikan peran daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI.
3.6.5
Menganalisis masalah berkaitan dengan peran daerah tempat tinggalnya dalam
kerangka NKRI.
|
4.6
Melaksanakan penelitian sederhana untuk mengilustrasikan karakteristik daerah
tempat tinggalnya sebagai bagian utuh dari Negara Kesatuan Republik Indonesia
berdasarkan rancangan yang telah dibuat.
|
4.6.1
Menunjukkan keterampilan mengamati tentang karakteristik daerah tempat
tinggalnya dalam kerangka NKRI.
4.6.2
Menyusun laporan hasil pengamatan tentang karakteristik daerah tempat
tinggalnya dalam kerangka NKRI.
4.6.3
Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang karakteristik daerah tempat
tinggalnya dalam kerangka NKRI.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar